Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis − Ketika kita sudah
menemukan sebuah konsep bisnis yang ingin dijalankan, biasanya kita tidak tahu
apa yang harus dipersiapkan sebelum membuka usaha tersebut. Disini akan
dijelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum memulai usaha. Hal ini
dilakukan agar kita dapat membuka usaha dengan sistematis dan meminimalisir
kesalahan ataupun kerugian akibat kesalahan perencanaan.
Secara umum, ada 5 hal yang harus kita pertimbangkan sebelum
membuka usaha, yaitu :
1.
Produk.
2.
Sistem Manajemen.
3.
Analisa Pasar / Konsumen.
4. Strategi Pemasaran.
5.
Analisa Keuangan.
Produk
Pertimbangan masalah produk ini menyangkut antara lain :
o Apa keunggulan produk kita dibandingkan produk
dari pesaing.
o Apakah produk kita memiliki suatu nilai yang
lebih dibanding pesaing.
o Bagaimana cara memperoleh bahan baku serta
berapa biaya bahan baku tersebut.
o Apakah ada teknologi dalam pembuatan produk
tersebut.
o Apakah dalam membuat produk tersebut harus
menggunakan tenaga ahli, atau bisa dilakukan siapa saja.
o Jika bisa dilakukan siapa saja, bagaimana cara
melatih mereka agar dapat membuat produk yang sesuai.
o Apakah kemasan produk tersebut sudah menarik
untuk dilihat.
Sistem Manajemen
Yang termasuk dalam sistem manajemen adalah :
o Siapa pemilik usaha ini? Jika ada orang selain
kita bagaimana tugas dan wewenangnya. Disarankan untuk menggunakan sistem
kepemimpinan tunggal, tujuannya agar tidak ada kebijakan yang saling tumpang
tindih serta pembagian tugasnya jelas.
o Berapa jumlah kebutuhan ruangan untuk usaha
ini, dan apakah usaha ini membutuhkan suatu ruangan khusus.
o Bagaimanan sistem operasionalnya. Apakah perlu
waktu untuk menyiapkan produk atau apakah kita perlu waktu dalam pengantaran
produk tersebut.
o Jika dilakukan pengiriman, apakah ada sistem
pengepakan/pengemasan yang harus dilakukan agar tidak terjadi kerusakan.
o Bagaimana jalur operasional untuk usaha ini,
dari mulai anda mendapatkan bahan baku sampai produk tersebut dibeli oleh
konsumen.
Analisa Pasar
Dalam analisa pasar, yang harus kita ketahui adalah :
o Siapa target konsumen dari produk kita.
o Apakah produk kita sudah pernah diujicobakan
ke konsumen, dan bagaimana pendapat mereka.
o Jika sudah tahu siap terget konsumen kita,
apakah kita tahu keinginan dan kebutuhan mereka akan produk ini. Apakah mereka
menginginkan hal lain agar dapat menikmati produk kita.
o Siapa saja kompetitor kita dalam produk ini,
dan bagaimana mereka melakukan pelayanan kepada konsumennya.
Strategi Pemasaran
Setelah kita mengetahui kondisi pasar dari produk ini, kita
dapat menciptakan strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi pasar dan juga
kondisi usaha kita. Berikut yang harus dipersiapkan dalam melaksanakan strategi
pemasaran :
o Apa nama brand/merek produk kita. Apakah
brand/merek tersebut cukup familiar didengar atau sulit diucapkan.
o Jelaskan strategi penjualan produk ini agar
sampai ke konsumen. Jika dalam melakukan penjualan memerlukan salesman,
bagaimana cara agar salesman bisa menjual produk kita.
o Apa kegiatan promosi / publikasi yang kita
lakukan agar konsumen bisa tahu dan mencoba produk kita. Hal yang paling
penting dalam promosi awal adalah konsumen harus tahu dan mencoba dari produk
kita.
o Bagaimana konsumen membeli produk kita. Apakah
harus datang ke toko kita, atau kita yang mendatangi konsumen. Jika konsumen
yang datang ke toko kita, apakah letak toko kita dekat dan mudah dengan
konsumen. Jika kita yang mendatangi konsumen, dengan cara apa kita mendatangi
konsumen. Apakah dengan sistem penitipan ke retail, supermarket atau melakukan
penjualan langsung.
Analisa Keuangan
Hal terakhir yang harus dipertimbangkan adalah analisa keuangan.
Berikut pertimbangan dalam hal keuangan :
o Berapa kebutuhan total investasi usaha kita
o Darimana kebutuhan investasi tersebut
terpenuhi ( siapa yang mensuplai atau beli darimana )
o Darimana pendapatan usaha ini berasal. Jika
memiliki banyak produk, berapa harga dari setiap produknya dan berapa target
penjualan dari setiap produk.
o Berapa harga pokok produk tersebut. Ini
termasuk pembelian bahan baku, biaya pengangkutan bahan baku dan upah pembuatan
produk.
o Berapa biaya operasional setiap bulannya untuk
menjalankan usaha ini.
o Dimasukan juga berapa penyusutan alat – alat
yang memiliki masa waktu pakai.
o Berapa keuntungan bersih setiap bulannya dan
apakah keuntungan ini sesuai dengan biaya investasi yang kita keluarkan.
Demikianlan Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis
SEMOGA MEMBERI ARTI DAN BERMANFAAT SAHABAT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar